Introduction

Dear all , Thank You for coming to my blogspot



Jan 22, 2011

Pentingnya keahlian berbahasa inggris untuk menghadapi wawancara kerja

Mengapa banyak orang gagal dalam tes wawancara ? Karena persiapan yang dia lakukan sangat tidak memadai. Selain kepiawaian berbahasa inggris, pelamar dituntut untuk menguasai diri dan pekerjaan yang hendak dituju. Tugas utama bagi kamu adalah memastikan bahwa kamu mempunyai kemampuan bahasa inggris yang cukup untuk wawancara itu. Wawancara dalam bahasa inggris mengandung pertanyaan-pertanyaan spesifik dan jawaban-jawaban yang sesuai.

Wawancara ini juga membutuhkan suatu fleksibilitas dalam pemakaian tenses yang anda gunakan. Pada kesempatan kali ini aku coba menyediakan tips untuk menghadapi pertanyaan-pertanyaan dan menjawabnya dengan bahasa inggris yang benar.
Ketika anda masuk ke ruangan, kesan pertama yang kalian buat terhadap pewawancara dapat mempengaruhi hasil seleksi berikutnya. Sungguh penting bahwa kamu memperkenalkan diri, berjabat tangan dan bersikap ramah. Pertanyaan pertama eringkali berupa pertanyaan yang mencairkan suasana (breaking the ice). Jangan terkejut jika pewawancara melemparkan kepada anda pertanyaan-pertanyaan berikut :
  • how are you today ? Apakabar anda hari ini ?
  • Did you have any trouble finding us ? Apakah anda kesulitan mencari alamat kami ?
  • What do you think of the weather lately ? Bagaimana menurut anda cuaca belakangan ini ?
Jangan terkejut oleh nada yang bersahabat semacam itu. Pewawancara ingin menyegarkan suasana, dengan membuat anda lebih rileks. Jawablah pertanyaan-pertanyaan ini tanpa harus menjelaskannya secara mendetail. Bahasa yang anda gunakan hendaknya sederhana tetapi sopan. Misalnya :
  • How are you today ? (apakabar anda hari ini ?
  • Jawaban yang baik:
    I am fine, thank you, and you ? (saya baik-baik sajam terimakasih. Bagaimana kabar anda ?
  • I am well thank you (Saya baik-baik saja, terima kasih)
  • Jawaban yang buruk :
    So, so (Ya gitu deh)
  • Ok (oke)
  • Not so well (Tidak begitu baik)
Dalam wawancara hal yang penting adalah berbicara tentang pengalaman dan kualifikasi kamu. Kualifikasimu termasuk pendidikan, mulai dari SMU sampai pendidikan terakhir dan pelatihan khusus yang pernah kamu ikuti di masa lalu. Pengalamanmu meliputi pekerjaan apapun yang pernah kamu kerjakan yang secara langsung maupun tidak berkaitan dengan pekerjaan yang kamu lamar sekarang ini.
Ingatlah bahwa pendidikan kamu berlangsung dimasa silam. Oleh karena itu kamu harus menggunakan past tenses (bentuk kalimat lampau) misalnya :
  • I attended the university of Indonesia from 1987 to 1993
  • I graduated with a degree in industrial management (Saya kuliah di universitas indonesia dari tahun 1987 - 1993. Saya lulus dengan predikat sarjana dibidang managemen industri.
  • I attended the Bandung technology institute from 1993 to 1999. I graduated with a degree in civil engineering (Saya kuliah di institut teknologi bandung dari tahun 1993 sampai dengan 1999. Saya lulus dengan predikat sarjana dibidang teknik sipil.
Jika kamu sekarang inin masih menjadi mahasiswa, kamu hendaknya menggunakan present tenses (bentuk-bentuk kalimat masa kini), misalnya :
  • I am currently studying at the university of Gadjah mada and will graduate with a degree in economics in this semester. (Saya sekarang masih belajar di universitas gadjah mada dan akan lulus sarjana dibidang ekonomi pada semester ini)
  • I am studying english at the english first college. (Saya sedang belajar bahasa inggris di  english first college).
Ingatlah untuk selalu memasukkan pelatihan yang pernah anda ikuti ketika berbicara tentang pendidikan anda. Pelatihan ini mencakup pelatihan komputer, kursus korespondensi, dll. Pastikan untuk menyebutkan pula studi-studi bahasa inggris yang pernah anda ikuti. Bagian ini sangat penting karena bahasa inggris bukanlah bahasa asli kamu sehingga kamu harus terus memperbaiki keahlian bahasa inggris melalui kursus-kursus yang mungkin akan kamu ambil, atau dengan mengatakan bahwa kamu mengembangkan keterampilan-keterampilan bahasa inggris dalam beberapa jam setiap minggunya.
Pengalaman kerja sejauh ini adalah topik penting dalam wawancara pekerjaan. terutama di negara berkembang seperti indonesia. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk menjelaskan pengalaman-pengalaman yang anda miliki secara mendetail secara umum, para pemimipin perusahaan ingin mengetahui pekerjaan anda dimasa lalu dan seberapa bagus presentasi anda. ini bukanlah waktu yang tepat untuk bersikap kuno. Miliki keyakinan diri, dan berbicaralah dengan bebas tentang prestasi-prestasi kamu dalam pekerjaan kamu dimasa lalu.
Tenses yang hendaknya kamu lakukan adalah sebagai berikut :
Ketika berbicara tentang pekerjaan kamu sekarang ini, berhati-hatilah untuk menggunakan present perfect atau present perfect continuous. Tanda-tanda bahwa kamu masih melakukan tugas-tugas ini pada pekerjaan kamu sekarang ini, misalnya :
  • coca-cola company have employed me for the last 3 years as a salesperson (coca-cola company telah mempekerjakan saya selama tiga tahun terakhir sebagai staf penjualan)
  • I have been creating customer contacts for 6 month (saya telah melakukan kontak dengan konsumen selama 6 tahun)
Ketika berbicara tentang bekas atasan-atasan kamu, gunakanlah past tenses untuk menandakan bahwa kamu tidak lagi bekerja untuk perusahaan itu, misalnya :
  • I was employed by sosro company from 1999 to 2005 as secretary ( saya bekerja di perusahaan sosro dari tahun 1999 - 2005 sebagai sekretaris)
  • I worked as a programmer at plasmedia while I was living in jakarta ( saya bekerja sebagai programmer ketika saya tinggal di jakarta)
Yang terpenting, kamu perlu mempersaksikan kualifikasi dan keahlian kamu, yang dibutuhkan untuk pekerjaan yang sedang dilamar. Keahlian yang telah dimiliki dimasa silam mungkin tidak sama dengan keahlian untuk pekerjaan yang sedang dituju tersebut. Oleh karena itu, amatlah penting untuk menunjukkan bagaimana kemampuan-kemampuan yang kamu miliki sehingga memiliki hubungan dengan pekerjaan yang sedang dihadapi.

Referensi dari rahasia lolos psikotes

3 comments :

Oceaneve said...

Apakah kamu menggunakan 'anda' atau 'kamu' ketika melamar pekerjaan? Yang mananya lebih resmi?

Anonymous said...

mengapa tidak:)

Anonymous said...

hi there rahmad76.blogspot.com blogger found your blog via Google but it was hard to find and I see you could have more visitors because there are not so many comments yet. I have discovered site which offer to dramatically increase traffic to your website http://xrumerservice.org they claim they managed to get close to 1000 visitors/day using their services you could also get lot more targeted traffic from search engines as you have now. I used their services and got significantly more visitors to my website. Hope this helps :) They offer buy backlinks local seo backlink service page rank backlinks Take care. Jay

About Me

I am a Man